Peningkatan Keterampilan Passing Bawah Bola Voli Melalui Model Pembelajaran Jigsaw Pada Siswi Kelas Ix-J Mtsn 4 Jombang

Penulis

  • umarul faruk MTsN 4 Jombang

DOI:

https://doi.org/10.52048/inovasi.v15i2.238

Kata Kunci:

Jigsaw, Pasing bawah, Bola Voli.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan konsep pasing bawah permainan bola voli siswi kelas IX-J MTsN 4 Jombang tahun pelajaran 2019/2020.  Subjek penelitian ini adalah siswi kelas IX-J MTsN 4 Jombang tahun pelajaran 2019/2020. Rancangan penelitian ini adalah penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas sehingga rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan rancangan dari penelitian tindakan kelas (PTK). Instrumen penelitian ini terdiri dari Lembar observasi pembelajaran dan lembar tes siswa. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan rumus persentase rerata skor hasil instrumen penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan rerata nilai hasil belajar siswa dari setiap siklus penelitian, dengan rincian reata skor pada siklus I sebesar  (73,33%), siklus II (86,66%),  dan siklus III (96,66%).  Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran jigsaw berpotensi meningkatkan penguasaan konsep passing bawah  bola voli siswi kelas IX-J MTsN 4 Jombang tahun pelajaran 2019/2020.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2021-12-09

Cara Mengutip

faruk, umarul. (2021). Peningkatan Keterampilan Passing Bawah Bola Voli Melalui Model Pembelajaran Jigsaw Pada Siswi Kelas Ix-J Mtsn 4 Jombang. Inovasi: Jurnal Diklat Keagamaan, 15(2), 149–159. https://doi.org/10.52048/inovasi.v15i2.238