Internalisasi Pendidikan Agama Islam Melalui Kegiatan Pentas PAI
DOI:
https://doi.org/10.52048/inovasi.v15i2.237Kata Kunci:
Pentas PAI, Internalisasi, PAI, KegiatanAbstrak
Artikel ini menyajikan hasil penelitian tentang pengembangan pendidikan keagamaan di sekolah dasar dalam rangka internalisasi nilai-nilai kegamaan pada peserta didik di SDN 1 Pengadilan Kota Tasikmalaya. Penelitian ini dilatar belakangi adanya pendapat bahwa pembelajaran PAI hanya terfokus ada aspek pengetahuan atau kognitif. Sementara aspek afektif dan psikomotorik terabaikan. Guru hanya terfokus pada capaian muatan kurikulum sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menghasilkan beberapa kesimpulan sebagai berikut: Pertama melalui kegiatan pentas PAI sebagai kegiatan keagamaan proses interalisasi nilai-nilai keagamaan mudah diterapkan. Kedua, melalui pembelajaran diluar kelas melalaui pentas PAI akan membuat pembelajaran PAI lebih menyenangkan. Ketiga, pembelajaran PAI dengan memadukan antara kegiatan pembelajaran di kelas dengan ekstrakurikuler akan menghasilkan model pembelajaran yang lebih variatif. Keempat, pentas PAI sebagai kegiatan keagamaan dalam bentuk seni dan budaya Islam menjadi alternatif peenanaman nilai keagamaan yang lebih mudah diterima peserta didik karena lebih menyenngkan.