Analisis Kesiapan Guru Pendidikan Agama Kristen Melaksanakan Pembelajaran Online Di Tengah Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.52048/inovasi.v15i2.229Kata Kunci:
Kesiapan Guru Pendidikan Agama Kristen, Pembelajaran Online, Covid-19Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesiapan guru Pendidikan Agama Kristen peserta PPG tahun 2020 dalam menerapkan pembelajaran online pada masa Covid-19. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 186 Guru Pendidikan Agama Kristen peserta PPG 2020 yang terkenal di Wilayah Indonesia. Penelitian ini merupakan metode penelitian campuran yaitu penggabungan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis indikator pertama yang mendeskripsikan kesiapan sarana prasarana yang dimiliki oleh guru. Untuk indikator kesiapan guru dalam pembelajaran dan indikator melaksanakan pembelajaran online akan dianalisis dengan metode deskriptif kuantitaf dengan model Aydin dan Tasci. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 186 orang responden utama hanya 128 orang yang melaksanakan pembelajaran online dan memiliki sarana-prasarana pendukung. Sedangkan indikator kesiapan guru dalam merencanakan pembelajaran berada pada skala 4,03 dengan kategori siap dan membutuhkan peningkatan. Sedangkan untuk indikator kesiapan guru dalam menerapkan pembelajaran online berada pada skala 4,02 dengan kategori siap dan membutuhkan peningkatan. Pengalaman guru Pendidikan Agama Kristen dalam mengikuti perkuliahan Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang dilaksanakan secara onlie di IAKN Ambon menjadi salah satu faktor pendukung kesiapan guru Pendidikan Agama Kristen.