Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Fiksi Siswa Mts Negeri 1 Tuban
DOI:
https://doi.org/10.52048/inovasi.v15i2.227Kata Kunci:
Model Pembelajaran kooperatif Group Investigation, membaca teks fiksiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penerapan model pembelajaran kooperatif grup investigasi dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam memahami teks fiksi pada siswa kelas IX H MTs Negeri 1 Tuban dan (2) penerapan model pembelajaran kooperatif grup investigasi dapat meningkatkan kemampuan memahami teks fiksi pada siswa kelas IX H MTs Negeri 1Tuban. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di MTs Negeri 1 Tuban dengan subjek siswa kelas IX H yang berjumlah 30 siswa. Berdasarkan hasil penelitian terbukti bahwa terjadi peningkatan kualitas pembelajaran yaitu peningkatan keaktifan siswa maupun kemampuan memahami teks fiksi siswa. Peningkatan keaktifan proses pembelajaran yang ditandai dengan meningkatnya keaktifan siswa pada siklus I dengan nilai rerata sebesar 85,62 dan nilai rerata pada siklus II sebesar 92,50 dibanding dengan nilai rata-rata sebelum siklus 66,37. Peningkatan kemampuan membaca teks fiksi ditandai dengan meningkatnya ketuntasan belajar siswa, yaitu nilai rerata pada siklus I sebesar 63,1 dan nilai rerata pada siklus II Sebesar 73,5. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif grup investigasi efektif diterapkan dalam pembelajaran membaca teks fiksi.