Pendidikan Karakter Melalui Metode Pembelajaran Field Trip Di Tk Kusuma Mulia Sugihwaras Purwoasri Kediri
DOI:
https://doi.org/10.52048/inovasi.v15i2.223Kata Kunci:
Pendidikan Karakter, Anak Usia Dini, Pembelajaran Field TripAbstrak
Paper ini membahas tentang: (1) pentingnya upaya penanaman karakter pada anak usia dini di lembaga PAUD; (2) kegiatan pembelajaran Field Trip yang mencerminkan aplikasi pendidikan karakter di lembaga PAUD; dan (3) ragam karakter yang terbangun sebagai efek dari aplikasi pembelajaran Field Trip tersebut pada anak usia dini di lembaga PAUD. Pendidikan karakter melibatkan penanaman pengetahuan, kecintaan dan penanaman perilaku kebaikan yang menjadi sebuah pola/kebiasaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keberhasilan dan dampaknya penggunaan metode pembelajaran Field Trip. Metode yang digunakan adalah dengan mengobservasi kegiatan Field Trip yang merefleksikan pendidikan karakter bagi anak usia dini antara lain adalah kunjungan ke lingkungan sekitar, kunjungan ke tempat wisata, ke sawah, ke pasar, ke toko, ke sebuah industri, ke pondok pesantren, ke sekolah, kunjungan ke rumah sakit, serta tempat-tempat lainnya yang terdekat dengan lingkungan lembaga.