Efektivitas Pelatihan di Wilayah Kerja (PDWK) TIK bagi Guru MTs di Kabupaten Bojonegoro
DOI:
https://doi.org/10.52048/inovasi.v15i1.219Kata Kunci:
pelatihan, tik, guruAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas pelaksanaan Pelatihan di Wilayah Kerja (PDWK) TIK bagi guru MTs di Kab. Bojonegoro. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental dengan desain penelitian one group pretset-postest design. Data tentang aktivitas siswa dianalisis secara deskriptif, data tentang hasil belajar peserta dianalisis dengan Uji-t berpasangan dan data tentang respon peserta terhadap pelatihan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Aktivitas peserta dengan rata-rata hasil pengamatan sebesar 79,14% dengan kriteria sangat tinggi; (2) Kriteria peningkatan hasil belajar siswa diperoleh nilai p-value sebesar 0,000<0,05, dinyatakan dapat meningkatkan hasil belajar secara signifikan; (3) Respon peserta positif, ditunjukkan dengan rerata hasil respon 79,14% dengan kriteria sangat tinggi.