Upaya Peningkatan Kualitas Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas VIII MTsN 1 Tuban Melalui Kegiatan Laboratorium
DOI:
https://doi.org/10.52048/inovasi.v15i1.216Kata Kunci:
IPA, kelas VIII, laboratoriumAbstrak
Peran guru sangat menentukan dalam pelaksanaan kegiatan proses belajar mengajar. Guru bertanggung jawab mengembangkan intelektualisme siswa sehingga diperlukan upaya menerapkan pembentukan keterampilan untuk memperoleh pengetahuan. Untuk itu peneliti melakukan Peneltian Tindakan Kelas (PTK) berjudul ‘’ Upaya Peningkatan Kualitas Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VIII MTsN 1 Tuban Melalui Kegiatan Laboratorium ‘’.
Keadaan awal sebelum tindakan, siswa di sekolah peneliti pada umumnya kurang antusias di dalam kegiatan Proses Belajar Mengajar, misalnya pada waktu diskusi belum mampu mengungkapkan pendapatnya, mengalami kesulitan dalam menjawab pertanyaan LKS, cenderung bosan, berbicara dengan siswa lain, kurang bisa aktif menyimpulkan materi yang telah diajarkan, atau belum terampil menggunakan alat-alat laboratorium sehingga penanaman konsep kurang.
Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam 3 siklus , setiap siklus diawali dengan Kegiatan Pendahuluan, Kegiatan Inti dan Kegiatan Penutup. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan 4 instrument meliputi instrument pengamatan terhadap guru, pengamatan terhadap siswa pada saat belajar, pedoman wawancara terhadap siswa, dan lembar penilaian proses dan penilaian ulangan harian. Data yang yang diperoleh dianalisa secara kuantitatif dan kualitatif. Subyek yang diambil adalah kelas VIII A, dan VIII B. Penelitian dilaksanakan mulai bulan Juli sampai dengan Oktober 2019.
Setelah dilakukan penelitian tindakan kelas melalui kegiatan ceramah, diskusi dan eksperimen dengan berpedoman pada pengoptimalan penggunaan laboratorium, diperoleh hasil siswa yang pemberani dan mampu mengemukakan pendapat, aktif dalam kegiatan diskusi, mampu menyimpulkan dan merangkum materi yang diajarkan guru, terampil menggunakan alat-alat Laboratorium, tertarik dan senang belajar Biologi dibuktikan dengan nilai ulangan harian sebelum dilakukan PTK dan sesudah dilakukan PTK cenderung meningkat.