Pengembangan Media Imajinasi Hiragana Berbasis Android Studio Sebagai Cara Cepat Untuk Menghafal Huruf Bahasa Jepang Pada Siswa Kelas X IPA
DOI:
https://doi.org/10.52048/inovasi.v15i1.210Kata Kunci:
Media, Hiragana Imajinasi, Android StudioAbstrak
Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan media Hiragana Imajinasi berbasis Android, mendeskripsikan kualitas pengembangan media dan mendeskripsikan keefektifan penggunaan media Hiragana Imajinasi berbasis Android sebagai cara cepat untuk menghafal huruf bahasa Jepang. Berdasarkan rata-rata nilai validasi dari validator materi dan design grafis yaitu sebesar 76.29%, maka produk dari penelitian pengembangan ini baik untuk digunakan sebagai media pembelajaran menghafal huruf Hiragana dengan menggunakan tekhnik imajinasi. Sedangkan respon atau ketertarikan siswa pada pembelajaran Hiragana berkategori positif, ini artinya siswa pembelajar bahasa Jepang pemula kelas X IPA menunjukkan antusiasnya untuk belajar bahasa Jepang. Sedangkan hasil dari post tes tema “Membaca dan Menulis Hiragana” dengan uji t, diketahui bahawa ada perbedaan signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Nilai signifikasi (2-tailed) sebesar 0,000, karena nilai signifikasi < dari 0.05, maka ditemukan perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas X IPA 1 dan X IPA2. Untuk rata-rata nilai post test kelas eksperimen adalah 79,6 dan kelas kontrol 69,7 dan ketuntasan hasil belajar kelas eksperimen mencapai 91%, sementara kelas control ketuntasan belajar hanya 35%. Ini membuktikan bahwa penggunaan media Imajinasi Hiragana berbasis Android ini sangat efektif dan berkualitas untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D dengan model penelitian ADDIE yang menggunakan tahap pelaksanaan sebagai berikut (1) Analisis, (2) Desain, (3) Development & Implementasi, (4) Evaluasi.