Hasil Dan Rencana Tindak Lanjut Program Supervisi Pembelajaran Tahfizh Di SD PTQ Annida Salatiga
DOI:
https://doi.org/10.52048/inovasi.v15i1.209Kata Kunci:
supervisi pembelajaran, menghafal Al-Qur'anAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dari supervisi pembelajaran tahfizh dan tindak lanjut dari hasil supervisi tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah di SD Plus Tahfizhul Quran (PTQ) Annida Salatiga, Jawa Tengah dan dilaksanakan pada bulan Februari-Maret 2021. Subyek penelitian ini adalah guru yang mengampu bidang hafalan Al-Qur’an. Kehadiran peneliti sebagai orang yang terlibat di dalamnya dan bertindak sebagai supervisor. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan tahapan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) permasalahan pembelajaran tahfizh yang dikelompokkan berdasar metode ziyadah, yaitu permasalahan di kelas 1 dan 2 yang ziyadah-nya menggunakan metode talaqqi yang meliputi aspek pembelajaran BTAQ (IQRO’), ziyadah dengan talaqqi, dan muroja’ah. Selanjutnya adalah permasalahan di kelas 3, 4, 5, dan 6 yang ziyadah-nya dengan cara siswa membuat hafalan sendiri kemudian setor sorogan kepada guru. Permasalahan di kelas ini meliputi setor tilawah secara bin nazhor, menambah hafalan ziyadah secara sorogan bil ghoib, dan juga muroja’ah. Masing-masing permasalahan ini ditindaklanjuti dengan program yang sesuai. 2) Ada tindak lanjut program lain yang meliputi: kelas micro teaching guru tahfizh yang perlu diistiqomahkan dan dimaksimalkan dengan baik sebagai sarana belajar, perlu adanya pelatihan pembelajaran tahfizh yang aktif, menyenangkan, dan ice breaking, dan perlu adanya kunjungan guru antar kelas sebagai sarana saling belajar.