Problems of Online Learning During Pandemic
DOI:
https://doi.org/10.52048/inovasi.v15i1.205Kata Kunci:
Pembelajaran Online, Pandemi, Masalah SiswaAbstrak
Sejak hadirnya virus Corona, seluruh aspek kehidupan manusia berubah. Ini juga terjadi di bidang pendidikan. Karena pandemi ini siswa harus belajar secara online, mereka tidak bisa bersekolah seperti biasanya karena masalah kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan jawaban dari dua pertanyaan penelitian. Yang pertama tentang masalah siswa dalam melakukan pembelajaran online selama pandemi, dan yang kedua adalah tentang pendapat siswa tentang platform yang digunakan dalam pembelajaran online. Pengumpulan data dilakukan pada siswa MAN 2 Nganjuk tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data. Analisis deskriptif digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa masalah utama yang dihadapi siswa dalam belajar online pada saat pandemi adalah kesulitan dalam memahami materi, masalah ini disepakati oleh 59% responden. Kemudian, 23% dari responden mengeluhkan banyaknya tugas yang harus mereka selesaikan. Selain itu 10% siswa merasa bermasalah tentang pembelian kuota. Masalah selanjutnya yang dihadapi siswa MAN 2 Nganjuk adalah soal waktu, 6% responden mengeluhkan hal ini, dan 2% dari responden mengeluh tentang cara pengiriman tugasnya. Hasil penelitian selanjutnya adalah pendapat siswa tentang platform yang digunakan dalam pembelajaran online. Dari hasil questionnaire, platform yang disukai oleh siswa, pertama adalah google classroom, platform ini disukai oleh 52% responden. Kemudian 39% responden memilih whatsapp, itulah dua platform yang paling disukai siswa untuk digunakan dalam proses belajar mengajar pada saat pandemi. Selain itu kedua platform ini juga merupakan platform yang paling banyak digunakan oleh para guru dalam menyampaikan materi. Untuk proses belajar mengajar selama pandemi, disarankan agar guru memberikan motivasi lebih kepada siswa agar mereka menjadi pembelajar yang aktif dan dapat belajar dari berbagai sumber.