Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan E-Learning Madrasah Di Masa Pandemi Covid-19

Penulis

  • Ririn Eva Hidayati MAN 1 Kota Malang

DOI:

https://doi.org/10.52048/inovasi.v15i1.185

Kata Kunci:

effectiveness, online learning, e-learning madrasah, covid-19, pandemic

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk melihat efektifitas pelaksanaan pembelajaran daring menggunakan e-learning madrasah dan menentukan faktor penghambat dan pendukung penggunaan aplikasi e-learning sebagai media pembelajaran. Riset ini bersifat kuantitatif deskriptif. Data didapatkan melalui penyebaran kuisioner dalam bentuk google form yang berisi pertanyaan tertutup, semi tertutup dan terbuka, kemudian data dianalisis secara deskriptif. Responden penelitian ini adalah siswa dan guru MAN 1 Kota Malang yang melaksanakan pembelajaran memanfaatkan aplikasi e-learning. Hasil observasi menginformasikan 80% responden mengaku dapat mengakses dan menggunakan e-learning madrasah. Inovasi pembelajaran daring menggunakan e-learning madrasah membantu siswa menjalani pembelajaran selama masa pandemi. Pelaksanaan pembelajaran daring menggunakan e-learning madrasah berlangsung cukup efektif walau ada ketidakefektifan dalam proses evaluasi. Profesionalitas guru sangat dibutuhkan dalam pembelajaran daring menggunakan e-learning madrasah agar dapat menghasilkan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna. Penyempurnaan aplikasi juga masih diperlukan agar e-learning madrasah lebih mudah dipergunakan (user-friendly). Kendala yang dihadapi dalam pembelajaran daring dapat diatasi dengan adanya kerjasama antara madrasah, orang tua, guru dan siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2021-06-11

Cara Mengutip

Hidayati, R. E. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan E-Learning Madrasah Di Masa Pandemi Covid-19. Inovasi: Jurnal Diklat Keagamaan, 15(1), 54–65. https://doi.org/10.52048/inovasi.v15i1.185