Peran Massive Open Online Course Terhadap Pembelajaran Al-Quran di Indonesia

Penulis

  • MOH. MAQBUL UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.52048/inovasi.v14i3.180

Kata Kunci:

Kursus Online, Pembelajaran Al-Quran, MOOC, LMS

Abstrak

Pentingnya teknologi di era saat ini telah membawa dunia pendidikan mengeluarkan inovasi pembelajaran yang siap memenuhi tuntutan zaman. Termasuk adanya kursus terbuka berbasis online atau biasa disebut dengan Massive Open Online Course (MOOC). Platform yang disediakan oleh dunia course saat ini sudah banyak ditemui, termasuk di wilayah Indonesia. Bahkan rata-rata penyelenggara tidak membebankan biaya untuk bergabung di platform tersebut. Akan tetapi, perkembangan pembelajaran berbasis MOOC ini tidak banyak menyentuh pada dunia Pendidikan Agama Islam, khususnya pembelajaran Al-Qur’an. Selain itu, dalam penelitian ini juga sedikit disinggung terkait perbedaan antara MOOC dengan Learning Management System (LMS) dikarenakan, masih banyak anggapan ‘sama’ terkait MOOC dengan LMS. Dari keduanya tersebut, akan pembahasannya lebih diarahkan kepada pembelajaran Agama Islam terutama di bidang ilmu Al-Qur’an

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2020-12-21

Cara Mengutip

MAQBUL, M. (2020). Peran Massive Open Online Course Terhadap Pembelajaran Al-Quran di Indonesia. Inovasi: Jurnal Diklat Keagamaan, 14(3), 239–250. https://doi.org/10.52048/inovasi.v14i3.180