Pemanfaatan Google Formulir Pada ujian Akhir Madrasah Di Madrasah Ibtidaiyah Al Hidayah Trowulan Mojokerto
DOI:
https://doi.org/10.52048/inovasi.v14i3.178Kata Kunci:
google forms, ujian akhir madrasahAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang prosedur penggunaan formulir aplikasi Google serta respon dari pendidik dan peserta didik terhadap penggunaannya. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan teknik pengumpulan data seperti kuesioner dan studi dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah pendidik dan peserta didik Madrasah Ibtidaiyah Al Hidayah Domas Trowulan Mojokerto. Hasil yang diperoleh adalah prosedur menggunakan Google Form yaitu: proses perencanaan, proses pembuatan, proses pendistribusian tautan dan sosialisasi instruksi untuk digunakan. Data respons pendidik menunjukkan bahwa Google Form dapat digunakan sebagai alternatif untuk melakukan evaluasi. Ini dibuktikan dengan hasil bahwa 100% guru sebagai peserta memiliki minat untuk melakukan evaluasi melalui Formulir Google. Alasan ketertarikan terdiri dari 4 faktor, yaitu, 66% kemudahan, 77% kecepatan, 77% kepraktisan, dan efisiensi 88%. Bahkan minat siswa dalam menggunakan Google Formulir dalam pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah adalah 74%.