PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DALAM MENANGGAPI PEMBACAAN CERPEN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KEPALA BERNOMOR STRUKTUR PADA PESERTA DIDIK DI MTsN 4 JOMBANG

Penulis

  • IMRO’ATUS SHOLIHAH MTsN 4 Jombang

DOI:

https://doi.org/10.52048/inovasi.v14i2.169

Kata Kunci:

hasil belajar, bahasa Indonesia, pembacaan cerpen, diskusi Kelompok model kepala bernomor

Abstrak

Hasil belajar siswa sangat dipengaruhi oleh kualitas pembelajaran yang dilaksanakan di madrasah. Salah satu
yang menentukan kualitas pembelajaran adalah penggunaan metode dan model pembelajaran yang tepat atau
sesuai dengan materi yang diajarkan. Hasil pembelajaran materi keterampilan berbicara dalam menanggapi
pembacaan cerpen di MTsN 4 Jombang masih sangat rendah. Untuk itu peneliti ingin melakukan perubahan
agar hasil belajar dapat meningkat yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kepala bernomor struktur.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan tindakan setiap
siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi kegiatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini
adalah peserta didik kelas IX A MTsN 4 Jombang semester genap tahun 2018/2019 dengan jumlah 34
peserta didik. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Teknik
pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi aktivitas peserta didik, tes pencapaian kompetensi 

belajar peserta didik, wawancara, dan angket. Hasil penelitian ini adalah [1] metode diskusi kelompok
model kepala bernomor dapat melibatkan secara aktif seluruh peserta didik dalam kegiatan diskusi, cukup
efektif untuk menumbuhkembangkan kedisplinan, minat, kerja sama, keaktifan, dan tanggung jawab peserta
didik dan terbukti efektif untuk mengatasi kesulitan peserta didik dalam mengemukakan pendapat dan
memberi tanggapan dalam pembacaan cerpen; [2] metode diskusi kelompok model kepala bernomor dapat
meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada keterampilan berbicara khususnya dalam menanggapi
pembacaan cerpen. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya prestasi belajar Bahasa Indonesia materi
kemampuan menanggapi pembacaan cerpen dari kondisi awal nilai rata-rata 70 dengan ketuntasan 20 % ke
kondisi akhir pada siklus II nilai rata-rata 85 dengan ketuntasan 85,70% pada peserta didik kelas IX A MTsN
4 Jombang Semester genap Tahun Pelajaran 2018/2019.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2020-09-28

Cara Mengutip

SHOLIHAH, I. (2020). PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DALAM MENANGGAPI PEMBACAAN CERPEN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KEPALA BERNOMOR STRUKTUR PADA PESERTA DIDIK DI MTsN 4 JOMBANG. Inovasi: Jurnal Diklat Keagamaan, 14(2), 145–155. https://doi.org/10.52048/inovasi.v14i2.169