Peran Perpustakaan dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di UIN Sunan Ampel Surabaya

Penulis

  • Hary Supriyatno UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.52048/inovasi.v14i2.164

Kata Kunci:

Perpustakaan, Mutu Pendidikan, Akreditasi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Perpustakaan dalam peningkatan mutu pendidikan di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus yakni mengungkap dan memahami fenomena tertentu yang terjadi di masyarakat secara mendalam berdasarkan data-data yang ada.(Prihatsanti, 2018:127-128). Hasil analisa penelitian menemukan bahwa dengan sumber daya yang dimiliki, Perpustakaan UIN Sunan Ampel mampu berperan setidaknya dalam empat dari sembilan kriteria akreditasi perguruan tinggi yaitu sarana dan prasarana, pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kualitas sumber daya ini dibuktikan dengan adanya prestasi status akreditasi A yang diraih oleh Perpustakaan UIN Sunan Ampel sejak tahun 2015, yang selanjutnya diikuti prestasi yang sama oleh UIN Sunan Ampel secara institusi pada tahun 2019 dengan status Akreditas A.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2020-10-26

Cara Mengutip

Supriyatno, H. (2020). Peran Perpustakaan dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di UIN Sunan Ampel Surabaya. Inovasi: Jurnal Diklat Keagamaan, 14(2), 87–101. https://doi.org/10.52048/inovasi.v14i2.164