Peran Perpustakaan dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di UIN Sunan Ampel Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.52048/inovasi.v14i2.164Kata Kunci:
Perpustakaan, Mutu Pendidikan, AkreditasiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Perpustakaan dalam peningkatan mutu pendidikan di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus yakni mengungkap dan memahami fenomena tertentu yang terjadi di masyarakat secara mendalam berdasarkan data-data yang ada.(Prihatsanti, 2018:127-128). Hasil analisa penelitian menemukan bahwa dengan sumber daya yang dimiliki, Perpustakaan UIN Sunan Ampel mampu berperan setidaknya dalam empat dari sembilan kriteria akreditasi perguruan tinggi yaitu sarana dan prasarana, pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kualitas sumber daya ini dibuktikan dengan adanya prestasi status akreditasi A yang diraih oleh Perpustakaan UIN Sunan Ampel sejak tahun 2015, yang selanjutnya diikuti prestasi yang sama oleh UIN Sunan Ampel secara institusi pada tahun 2019 dengan status Akreditas A.