Peningkatan Prestasi Belajar Fisika Dengan Media Laboratorium Virtual PhET Pokok Bahasan Listrik Dinamis
DOI:
https://doi.org/10.52048/inovasi.v14i2.152Kata Kunci:
strategi belajar, laboratorium virtual PhET, prestasi belajarAbstrak
Strategi pembelajaran yang berpusat pada siswa dan penciptaan suasana yang menyenangkan sangat diperlukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika pokok bahasan listrik dinamis. Media Laboratorium Virtual PhET diharapkan dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar karena siswa akan terlibat secara fisik, emosional dan intelektual yang pada gilirannya diharapkan konsep yang diajarkan oleh guru dapat dipahami oleh siswa. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa DenganMedia Laboratorium Virtual PhET (Physics Educational Technology). (b) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa DenganMedia Laboratorium Virtual PhET (Physics Educational Technology). Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: Perencanaan, Kegiatan (tindakan), Pengamatan (Observasi) dan Refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas XII IPA-3 MAN 2 Mojokerto. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus 1 sampai siklus 2 yaitu, siklus 1 sebesar 59,37 %, dan siklus 2 menjadi 87,5 %. Pada siklus 2 ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan Media Laboratorium Virtual PhET dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar Siswa kelas XII IPA-3 MAN 2 Mojokerto Tahun Pelajaran 2019/2020, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran fisika pokok bahasan listrik dinamis.