Penerapan Pendekatan Saintifik Berbasis 4C Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Aktivitas Manusia
DOI:
https://doi.org/10.52048/inovasi.v14i1.142Kata Kunci:
Saintifik, 4C, Hasil BelajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa materi aktivitas manusia
melalui penerapan pendekatan saintifik berbasis 4C (comunication, collaborative, critical thinking, dan creativity)
di kelas VII B SMP Negeri 1 Mojoanyar Semester 2 tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan pada bulan Januari - Februari 2020 melalui dua
siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap penelitian, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi
dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Mojoanyar. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan pendekatan saintifik berbasis 4C dapat meningkatkan
hasil belajar siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Mojoanyar pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan
materi aktivitas manusia. Hasil tersebut terlihat dari beberapa indikator, diantaranya: [1] meningkatnya
keterlaksanaan RPP dari 3.08 pada siklus pertama menjadi 3.50 pada siklus kedua, [2] hasil tes belajar siswa
menunjukkan peningkatan dari ketuntasan secara klasikal 78.13 % pada siklus pertama menjadi 87.50 %
pada siklus kedua, [3] aktivitas siswa menunjukkan kegiatan pembelajaran berpusat pada siswa pada kedua
siklus dengan prosentase keaktifan 91.89 % pada siklus pertama naik menjadi 94.44% pada siklus kedua.