Perbaikan Hasil Belajar Siswa Materi PLTV Melalui Implementasi Model Discovery Learning Berbasis Saintifik
DOI:
https://doi.org/10.52048/inovasi.v14i1.140Kata Kunci:
Hasil belajar, discovery learning, saintifikAbstrak
Analisis awal memberikan gambaran bahwa pada pembelajaran matematika di SMK Negeri 1 Mojoanyar
pemahaman materi persamaan linier tiga variabel (PLTV) masih rendah sehingga hasil belajar juga rendah,
dan siswa pasif dalam pembelajaran. Hal tersebut terindikasi karena proses pembelajaran cenderung berpusat
pada guru (teacher center), dan minimnya inovasi pembelajaran. Perbaikan pembelajaran yang dilakukan
adalah melalui penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan model discovery learning berbasis saintifik.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kelas X DG 1 SMK Negeri 1 Mojoanyar
Kabupaten Mojokerto pada materi PLTV. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus perbaikan yang meliputi
tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi dengan tindakan yang diberikan adalah menerapkan
model discovery learning berbasis saintifik pada materi PLTV. Penelitian dilaksanakan pada bulan September
2019 di kelas X DG 1 SMK Negeri 1 Mojoanyar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa [1] Keterlaksanaan RPP
menunjukkan bahwa RPP dapat terlaksana dengan baik, [2] Aktivitas siswa menunjukkan aktivitas berpusat
pada siswa (student centered learning) dan siswa sangat antusias menyelesaikan tugas untuk mengkontruk
pengetahuan sendiri, [3] Respon siswa setelah penerapan model discovery learning berbasis saintifik
menunjukkan respon positif, dan [4] Ketuntasan hasil belajar secara klasikal tercapai pada siklus kedua
dengan prosentase 90.91 %.