Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Puisi Melalui Melalui Metode Outdoor Study

Penulis

  • Warsiman Alisiananda Dewi Nurani Universitas Brawijaya

DOI:

https://doi.org/10.52048/inovasi.v14i1.139

Kata Kunci:

Metode Outdoor Study, Menulis, Puisi, PTK

Abstrak

Kegiatan pembelajaran menulis puisi yang diajarkan oleh guru selama ini perlu ditinjau kembali. Metode
pembelajaran tradisional yang membatasi aktivitas dan kreativitas siswa harus ditinggalkan. Penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi melalui metode Outdoor study dengan masa penelitian
satu bulan. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Data diolah secara kuantitatif.
Hasil yang diperoleh bahwa keterampilan siswa dalam menulis puisi meningkat. Peningkatan tersebut dapat
dilihat melalui hasil belajar dari siklus I sebesar 74,39 % dan pada siklus II menjadi 86,25 %. Demikian pula
hasil observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I sebesar 86,60 % dan
pada siklus II menjadi 93.75 %, sedangkan hasil aktivitas siswa pada siklus I sebesar 84,08 % dan pada
siklus II menjadi 89,28 %. Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan, bahwa pembelajaran melalui metode
Outdoor Study meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis puisi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2020-04-30

Cara Mengutip

Dewi Nurani, W. A. (2020). Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Puisi Melalui Melalui Metode Outdoor Study. Inovasi: Jurnal Diklat Keagamaan, 14(1), 33–41. https://doi.org/10.52048/inovasi.v14i1.139