Pendampingan Kelompok Kecil Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menerapkan Penilaian Autentik Di KKG MI Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang
DOI:
https://doi.org/10.52048/inovasi.v14i1.137Kata Kunci:
Pendampingan kelompok kecil, kemampuan menerapkan penilaian, penialaian autentikAbstrak
Penelitian ini didasarkan pada rendahnya penerapan penilaian autentik di KKGMI Kecamatan Poncokusumo.
Dengan penilaian autentik, guru dapat melihat kemajuan belajar peserta didik dan tingkat keberhasilan
proses pembelajaran yang telah dilakukan. Instrumen penilaian autentik yang dapat digunakan berupa tes,
rubrik pengamatan, penilaian diri, penilaian sejawat, praktik dan lainnya. Masalah penelitian ini adalah: [1]
Apakah pendampingan kelompok kecil dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan penilaian
autentik di KKG MI Kecamatan Poncokusumo Kab. Malang ? dan [2] Bagaimana pendampingan kelompok
kecil dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan penilaian autentik di KKGMI Kecamatan
Poncokusumo Kab. Malang ? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan
guru dalam menerapkan penilaian autentik di KKGMI Kecamatan Poncokusumo Kab. Malang melalui
pendampingan kelompok kecil. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan dengan pendampingan
kelompok kecil yang dilakukan sebanyak dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian tindakan dapat disimpulkan:
pendampingan kelompok kecil memberikan efek pada peningkatan kemampuan Guru MI di daerah sasaran
KKGMI Kecamatan Poncokusumo dalam menerapkan penilaian autentik dengan perbandingan nilai observasi
dokumen penerapan penilaian autentik pada RPP, nilai rata-rata Kondisi Awal 63.5, Siklus I 71.5 dan Siklus
II 76.5.