Peningkatan Kinerja Guru Dalam Pengembangan Evaluasi Hasil Belajar Melalui Supervisi Akademis Kepala MadrasahDi MTsN 7 Jombang Tahun Pelajaran 2019-2020
DOI:
https://doi.org/10.52048/inovasi.v14i1.136Kata Kunci:
Supervisi Kepala Madrasah, Pengembangan, Kinerja GuruAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kinerja guru dalam pengembangan evaluasi
hasil belajar melalui supervisi akademis kepala madrasah di MTsN 7 Jombang Tahun Pelajaran 20192020.
Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah: Kinerja guru dalam pengembangan evaluasi
hasil belajar dapat ditingkatkan melalui Supervisi Akademis di MTsN 7 Jombang Jawa TimurTahun Pelajaran
2019-2020. Penerapan supervisi akademis kepala madrasah efektif dalam meningkatkan kinerja guru
dalam pengembangan evaluasi hasil belajar di MTsN 7 Jombang Tahun Pelajaran 2019-2020. Jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan madrasah melalui penerapan supervisi akademis Kepala madrasah
dengan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Jumlah guru yang menjadi obyek penelitian ini adalah
14 orang guru. Data diperoleh lewat wawancara, observasi, dan tes. Teknis analisi data menggunakan
teknis analisis kuantitatif dan kualitatif dan pelaksanaannya melalui 3 tahab siklus. Hasil penelitian
antara lain: peningkatan kinerja guru melalui supervisi akademis kepala madrasah hasilnya sangat
baik. Hasil analisi menunjukkan bahwa dari 14 orang guru nilai rata rata mencapai ; 59,64 % meningkat
menjadi 68,93 % dan pada siklus 3 meningkat menjadi 76,43 %. Kesimpulannya adalah kinerja
guru dalam pengembangan evaluasi hasil belajar dapat ditingkatkan melalui Supervisi Akademis di
MTsN 7 Jombang Tahun Pelajaran 2019-2020 berprediket baik. Penerapan supervisi akademis kepala
madrasah efektif dalam meningkatkan kinerja guru. Berdasarkan hasil penelitian diatas, peningkatan
kinerja guru dalam pengembangan evaluas hasil belajar melalui supervisi akademik kepala madrasah ke
arah perubahan yang diinginkan mencapai 85 % ketercapaiannya, maka kinerja guru tersebut dikatakan
efektif. Dengan demikian maka hipotesis yang diajukan di atas dapat diterima.