Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Dalam Pembuatan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) Melalui SEPEV Pada MGMP Mini Di MAN 2 Kota Probolinggo Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.52048/inovasi.v14i2.122Kata Kunci:
kompetensi profesional, SEPEV, MGMP Mini, UKBMAbstrak
Kegiatan pembelajaran dilaksanakan untuk mengarahkan anak mampu belajar secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasinya untuk berpartisipasi aktif dalam upaya mencapai kompetensi dasar (KD). Guru selaku pendidik memiliki tugas utama menyelenggarakan kegiatan pembelajaran yang seharusnya terselenggara dengan efektif. Untuk mendapatkan keefektifan proses pembelajaran serta mewujudkan madrasah unggul dapat direalisasikan dengan program, salah satunya adalah meningkatkan kompetensi profesional guru dalam pembuatan UKBM melalui Sepev pada MGMP mini. Oleh karena itu, peneliti merumuskan masalah bagaimana proses peningkatan kompetensi profesional guru dalam pembuatan UKBM melalui SEPEV serta sejauh mana SEPEV mampu meningkatkan kompetensi profesional guru dalam menyusun UKBM di MAN 2 Kota Probolinggo. Hasil dari penelitian ini adalah peningkatan proses yakni skor hasil observasi menunjukkan bahwa dari 64 guru bahwa terjadi peningkatan mulai dari pra siklus, siklus I (66,7%), dan siklus II (89,2%) dan hasil angket menunjukkan bahwa dari 64 guru dalam siklus I terdapat 10 guru (15,6 %) yang menjawab “YA” dan terdapat 54 guru (84,4 %) yang menjawab “TIDAK”. Sedangkan dalam siklus II terdapat 55 guru (85,9 %) yang menjawab “YA” dan terdapat 9 guru (14,1 %) yang menjawab “TIDAK”. Dari data tersebut menunjukkan bahwa Peningkatan Kompetensi Profesional Guru dalam Pembuatan UKBM melalui Metode Sepekan Evaluasi (SEPEV) pada MGMP Mini yang dilaksanakan pada setiap hari sabtu serentak pada jam 10.00-13.00 WIB di MAN 2 Kota Probolinggo telah tercapai.