URGENSI LITERASI TEKNOLOGI INFORMASI BAGI WIDYAISWARA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BDK ACEH MENGHADAPI ABAD 21
DOI:
https://doi.org/10.52048/inovasi.v13i3.105Kata Kunci:
Literasi teknologi, widyaiswara Pendidikan Agama Islam, Abad 21Abstrak
Dewasa ini, penguasaan teknologi atau IT dikalangan insan pendidik yang khususnya dalam hal ini adalah widyaiswara Pendidikan Agama Islam masih terlihat rendah hal ini terlihat ketika berlangsungnya proses pembelajaran di Kelas, mereka masih kalang kabut terhadap hal ini terutama ketika ada persoalan tentang IT, dan ini problematika yang harus ada solusinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebarapa urgennya literasi teknologi bagi widyaiswara Pendidikan Agama Islam Balai Diklat Keagamaan Aceh di Abad 21 dan mengetahui upaya peningkatan literasi teknologi. Sampel dalam peneltian ini seluruh widyaisawara PAI Balai Diklat Aceh yang berjumlah 7 orang. Penelitian ini termasuk penelitian pustaka (library research) dan field research (penelitian lapangan) dengan sifat peneltian diskriptis-analitis. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara, selanjutnya setelah data yang dibutuhkan terkumpul dianalisis dengan metode deduktif-induktif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa budaya literasi teknologi di kalangan widyaiswara pendidikan agama Islam Balai Diklat Keagamaan tergolong rendah. Beberapa upaya dalam peningkatan literasi teknologi bagi widyaiswara PAI di abad 21 adalah melalui gemar membaca, menulis dan meneliti, gemar dalam bidang teknologi, menanamkan arti pentingya literasi teknologi, menggiatkannya untuk memiliki buku-buku dibidang teknologi, menanamkan bahwa literasi kepada semua ilmu merupakan perintah Allah sebagaimana dalam Al-Qur’an surat Al-‘Alaq ayat 1-5.