PERAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KEPEMIMPINAN TINGKAT IV DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI KEPEMIMPINAN OPERASIONAL
DOI:
https://doi.org/10.52048/inovasi.v13i3.104Kata Kunci:
Peranan, Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV, Kompetensi kepemimpinan operasionalAbstrak
Banyak penelitian tentang peran pendidikan dan pelatihan kepemimpinan tingkat IV namun sejauhmana
belum memberikan perubahan yang signifikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan
menganalisa peranan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV dalam meningkatkan kompetensi
kepemimpinan operasional di Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Surabaya Provinsi Jawa Timur.
Metode dalam penilitian ini menggunakan pendekatan metode studi deskriptif kualitatif yang mendeskripsikan
data yang diperoleh melalui wawancara yang dicocokan dengan hasil observasi dan dokumentasi. Peranan
Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV dapat maksimal dalam pembentukan kompetensi
kepemimpinan operasional jika pemanggilan peserta sesuai dengan persyaratan yang sudah ditetapkan,
adanya koordinasi yang instensif dan berkesinambungan antara pihak penyelenggara pendidikan dan pelatihan
dengan pimpinan selaku atasan peserta, mentor dan coach harus menyediakan waktu luang dalam melakukan
pembimbingan proyek perubahan, narasumber memiliki sertifikat kompetensi pengajar Pendidikan dan
pelatihan kepemimpinan dari lembaga Administrasi Negara, peserta lebih fokus pada implementasi proyek
perubahan dari pada melaksanakan tugas fungsi kegiatan instansinya, melibatkan narasumber dalam evaluasi
penilaian peserta di akhir kegiatan pendidikan dan pelatihan serta melakukan evaluasi dan monitoring pada
proyek perubahan di jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang.