KUALITAS SOAL FREDIKSI UJIAN NASIONAL HASIL DIKLAT UJIAN NASIONAL GURU BAHASA INGGRIS MA TAHUN 2019
DOI:
https://doi.org/10.52048/inovasi.v13i3.103Kata Kunci:
pengecoh, daya beda, tingkat kesukaranAbstrak
Evaluasi atau Ujian adalah kegiatan yang tidak terpisahkan dari kegitan belajar mengajar yang dilakukan
oleh guru. Evaluasi dalam proses pembelajaran mempunyai peran yang sanagat penting kerena dengan
evaluasi guru akan mendapatkan informasi tentang, tingkat kompetensi peserta didik, tingkat efektifitas
sebuah pembelajaran. Untuk itu guru perlu diberikan kompetensi bagaimana menyusun sebuah alat evaluasi
yang memadai agar bisa memberikan gambaran yang tepat. Focus penelitian ini adalah : 1] Bagaimana
efektifititas pengecoh dari tes yang dikembangkan oleh peserta Diklat ? 2] Bagaimana prosentase penyebaran
soal ditinjau dari tingkat kesukarannya ? 3] Bagaimana kualitas soal ditinjau dari sudut daya bedanya ?
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan Deskriptif Kulitatif, dengan subyek penelitian sejumlah
35 orang guru Bahasa Inggris peserta Diklat. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan
dokumentasi nilai hasil uji coba tes prediksi yang dikembangkan perseta Diklat dan dianalisis denga
Anates Versi 04. Hasil analisis menunjukkan bahwa efektifitas pengecoh masih belum baik, tingkat
kesukaran soal juga masih banyak yang terlalu sulit dan terlalu mudah, sedangkan daya beda soal lebih
dari 50 % soal dengan daya beda jelek.