PERAN WIDYAISWARA UNTUK MENGATASI PROBLEM GURU DALAM PENYUSUNAN I PK
DOI:
https://doi.org/10.52048/inovasi.v13i2.84Keywords:
problema, indikator pencapaian kompetensi (IPK), peran widyaiswaraAbstract
Pembelajaran yang efektif itu ada tiga tahap utama yaitu [1] tahap perencanaan yang berisi target
kompetensi yang mau dikuasakan kepada peserta didik berupa KI dan KD, (2] tahap pelaksanaan
pembelajaran yang berisi model dan metode pembelaran, dan [3)] tahap penilaian yang berisi kegiatan
mengukur ketercapaian target kompetensi. Target kompetensi yang berupa KI – KD pada tahap
perencanaan belum bisa diukur dan dinilai jika belum diturunkan ke dalam Indikator Pencapaian
Kompetensi (IPK).Fakta di lapangan para guru masih banyak yang mengalami kesulitan dalam menyusun
IPK. Ada banyak faktor penyebab problema guru menyusun IPK. Juga banyak bentuk problema guru
menyusun IPK. Problema guru dalam penyusunan IPK ini tentunya berefek terhadap proses pembelajaran
dan penilaiannya. Karena IPK mengandung muatan kompetensi dan materi tertentu. Jika IPK yang
berupa kata kerja operasionalnya tidak tepat maka materinya bisa tidak tepat, model pembelajarannya
tidak pas, juga metodenya tidak tepat. Problema guru dalam penyusunan IPK ini harus menjadi
perhatian oleh para widyaiswara dalam kegiatan kediklatan. Artinya, menjadi tugas dan tanggung jawab
widyaiswara untuk melakukan pencerahan secara mantab dan terus menerus terhadap para guru ketika
ada diklat yang berkaitan dengan pembelajaran. Juga perlu menjadikan problema penyusunan IPK ini
sebagai program diklat yang lebih massif dan intensif.