MELATIHKAN KETERAMPILAN BERFIKIR TINGKAT TINGGI MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI PADA BAHASAN BIOTEKNOLOGI

Authors

  • Budi Santoso Minister Of Education

Keywords:

keterampilan berfikir tingkat tinggi, hasil belajar, model inkuiri

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran Biologi berbasis inkuiri untuk melatihkan
keterampilan berfikir tingkat tinggi siswa SMA pada pokok bahasan bioteknologi. Subyek penelitian ini
adalah 40 siswa SMA Negeri 21 Surabaya pada tahun ajaran 2017/2018 dengan menggunakan One Group
Pre test - Post test Design. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dikumpulkan dari
tugas dan angket untuk mengetahui beban kognitif siswa pada saat menerima informasi ketika implementasi
pembelajaran. Data kuantitatif dikumpulkan dari hasil tes yang terdiri dari 40 soal tes kognitif dan 10 soal
tes keterampilan berfikir. Hasil penelitian menunjukan perangkat pembelajaran berbasis inkuiri dapat
digunakan untuk melatihkan keterampilan berfikir tingkat tinggi siswa dengan kategori baik (skor 3,65),
minat siswa (skor 4,81), hasil belajar kognitif (skor 88,95), ketuntasan individu dan klasikal keterampilan
berfikir (skor 87,40). Simpulan perangkat pembelajaran inkuiri layak untuk melatihkan keterampilan berfikir
tingkat tinggi siswa SMA.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Budi Santoso, Minister Of Education

SMAN 21 Surabaya

Published

2019-04-23

How to Cite

Santoso, B. (2019). MELATIHKAN KETERAMPILAN BERFIKIR TINGKAT TINGGI MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI PADA BAHASAN BIOTEKNOLOGI. Inovasi: Jurnal Diklat Keagamaan, 13(2), 57–68. Retrieved from https://bdksurabaya.e-journal.id/bdksurabaya/article/view/83