Improved Learning Outcomes Of PLTV Students Through The Implementation Og Scientific Based Discovery Learning Model

Authors

  • Sukristiana Eko Wijayati Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

DOI:

https://doi.org/10.52048/inovasi.v14i1.140

Keywords:

Learning results, discovery learning, scientific

Abstract

Analisis awal memberikan gambaran bahwa pada pembelajaran matematika di SMK Negeri 1 Mojoanyar
pemahaman materi persamaan linier tiga variabel (PLTV) masih rendah sehingga hasil belajar juga rendah,
dan siswa pasif dalam pembelajaran. Hal tersebut terindikasi karena proses pembelajaran cenderung berpusat
pada guru (teacher center), dan minimnya inovasi pembelajaran. Perbaikan pembelajaran yang dilakukan
adalah melalui penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan model discovery learning berbasis saintifik.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kelas X DG 1 SMK Negeri 1 Mojoanyar
Kabupaten Mojokerto pada materi PLTV. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus perbaikan yang meliputi
tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi dengan tindakan yang diberikan adalah menerapkan
model discovery learning berbasis saintifik pada materi PLTV. Penelitian dilaksanakan pada bulan September
2019 di kelas X DG 1 SMK Negeri 1 Mojoanyar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa [1] Keterlaksanaan RPP
menunjukkan bahwa RPP dapat terlaksana dengan baik, [2] Aktivitas siswa menunjukkan aktivitas berpusat
pada siswa (student centered learning) dan siswa sangat antusias menyelesaikan tugas untuk mengkontruk
pengetahuan sendiri, [3] Respon siswa setelah penerapan model discovery learning berbasis saintifik
menunjukkan respon positif, dan [4] Ketuntasan hasil belajar secara klasikal tercapai pada siklus kedua
dengan prosentase 90.91 %.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Sukristiana Eko Wijayati, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

SMK Negeri 1 Mojoanyar Jawa Timur

Published

2020-04-30

How to Cite

Wijayati, S. E. (2020). Improved Learning Outcomes Of PLTV Students Through The Implementation Og Scientific Based Discovery Learning Model. Inovasi: Jurnal Diklat Keagamaan, 14(1), 42–51. https://doi.org/10.52048/inovasi.v14i1.140