PENINGKATAN KOMPETENSI PESERTA DIKLAT TEKNIS SUBTANTIF GURU MATEM A TIK A MADR A SA H MELALUI SISTEM MANAJEMEN PEMBELAJARAN SCHOOLOGY

Authors

  • Khamim Thohari Minister Of Religion Affair

DOI:

https://doi.org/10.52048/inovasi.v13i1.131

Keywords:

Guru Matematika Madrasah, Sistem manajemen Pembelajaran(SMP), Schoology

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  mendiskripsikan bagaimana penggunaan Sistem Manajemen Pembelajaran (SMP) schoology pada pembelajaran blended learning kediklatan dan untuk mengetahi seberapa jauh pembelajaran ini  dapat meningkatkan kompetensi peserta diklat, baik kompetensi pengetahuan, ketrampilan maupun kompetensi sikap. Penelitian ini dilakukan peserta diklat teknis subtantif guru matematika MTs sebanyak 35 guru, bertempat di Balai Keagamaan Surabaya.  Hasil  penelitian  yang sebagian  besar data kompetensi peserta diperoleh secara online dan observasi, menunjukkan bahwa ada peningkatan sebesar 19.39%  antara  nilai awal dan nilai akhir kompetensi pengetahuan (dari rerata 69.00 menjadi 82,38). Dari  Pengetahuan dan  keterampilan subtansial, terdapat tiga aspek yang dengan rerata sudah berada  di atas  level tuntas yaitu  Aspek Aljabar,  Aritmatika, dan Aspek Statistika    (rerata 86.6, 80,1,  dan  85.3),  namun   masih   ada satu aspek  yang dibawah nilai standar kediklatan, yaitu aspek  Geometri (rerata 66.32). Dari kompetensi sikap terdapat dua sikap yang berkembang dengan sangat  baik  yaitu Sikap  Kolaboratif dan Komunikatif serta Sikap Keingintahuan (88.2 % dan 85.6 %), sementara Sikap Kritis dan Kreatif serta Sikap lnisiatif masih perlu dikembangkan lebih lanjut.   Demikian halnya dari ketuntasan  peserta,   juga  ada dua sikap  yang tuntas  dengan menonjol  yaitu  Sikap  Kolaboratif dan Komunikatif serta  Sikap Keingintahuan (82.86 dan 80.00). Rasa percaya diri  peserta terhadap penggunaan  SMP Schoology   di  madrasah mereka masing - masin juga besar (81%). Hasil diatas menunjukkan bahwa  SMP Schoology dapat dipergunakan untuk meningkatkan kompetensi peserta  Diklat Guru Matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Khamim Thohari, Minister Of Religion Affair

Balai Diklat Keagamaan Surabaya

Published

2019-01-22

How to Cite

Thohari, K. (2019). PENINGKATAN KOMPETENSI PESERTA DIKLAT TEKNIS SUBTANTIF GURU MATEM A TIK A MADR A SA H MELALUI SISTEM MANAJEMEN PEMBELAJARAN SCHOOLOGY. Inovasi: Jurnal Diklat Keagamaan, 13(1), 259–271. https://doi.org/10.52048/inovasi.v13i1.131